YOUTUBE VIDEOS USED BY NATIVE ENGLISH-SPEAKING TEACHERS IN AN INTERNATIONAL ELEMENTARY SCHOOL: AN ANALYSIS OF IMPLEMENTATION, CHOICE, CHALLENGES, AND MITIGATION

Rastari, Kadek Lelyana (2024) YOUTUBE VIDEOS USED BY NATIVE ENGLISH-SPEAKING TEACHERS IN AN INTERNATIONAL ELEMENTARY SCHOOL: AN ANALYSIS OF IMPLEMENTATION, CHOICE, CHALLENGES, AND MITIGATION. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129081065-COVER.pdf

Download (919kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129081065-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081065-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129081065-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, pengintegrasian Situs Jejaring Sosial ke dalam kelas bahasa telah memberikan berbagai manfaat dalam pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris. Dari sekian Situs Jejaring Sosial yang tersedia, penelitian ini berfokus pada YouTube karena popularitasnya yang semakin meningkat dan potensinya dalam menyediakan sumber pendidikan bagi siswa maupun guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan Miles dkk (2014) yang meliputi (1) data kondensasi, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana video YouTube diterapkan oleh guru penutur asli Bahasa Inggris di sekolah dasar internasional termasuk kriteria yang digunakan untuk memilih video YouTube, tantangan yang dihadapi, dan mitigasi yang diambil. Data dianalisis menurut teori Brame (2016) tentang pedoman video pendidikan yang efektif. Terdapat lima guru Bahasa Inggris yang mengajar Kelas 1 sampai Kelas 4 yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Observasi kelas, wawancara, dan kuesioner digunakan sebagai metode pengambilan data. Temuan menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan seluruh tahapan pengajaran dalam mengintegrasikan video YouTube ke dalam kelasnya masing-masing yang meliputi persiapan materi, perancangan kegiatan, pengenalan kegiatan, kegiatan inti, penilaian, dan tindak lanjut. Temuan mengungkapkan bahwa para guru ini menggunakan preferensi mereka dalam menggunakan kriteria pemilihan video YouTube pendidikan yang efektif dalam praktik pengajaran mereka dengan mempertimbangkan tiga elemen yakni beban kognitif, keterlibatan siswa, dan pembelajaran aktif. Menariknya, data menunjukkan bahwa para guru tersebut tidak menemukan banyak tantangan berat saat mengimplementasikan video YouTube. Tantangan terbesar yang dihadapi hanya terkait dengan waktu persiapan dan banyaknya iklan saat mengakses video YouTube. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa para guru ini menemukan mitigasi menarik untuk mengatasi tantangan yang dihadapi saat menggunakan video YouTube yang dapat dikategorikan sebagai mitigasi sebelum kelas, di dalam kelas, dan pasca kelas. Temuan penelitian ini mendukung penggunaan video YouTube dalam kelas bahasa sebagai sumber belajar yang bermakna. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa keberhasilan pengintegrasian video YouTube ke dalam praktik pengajaran sangatlah penting untuk menetapkan tujuan pembelajaran dan menggabungkan ketersediaan sumber daya serta strategi secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang ditargetkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Audiovisual, Video-video YouTube, Guru Penutur Bahasa Inggris.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Kadek Lelyana Rastari
Date Deposited: 05 Jan 2024 08:19
Last Modified: 05 Jan 2024 08:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18300

Actions (login required)

View Item View Item