Sahrullah, Sahrullah (2024) DEVELOPING ICT-BASED SUPPLEMENTARY READING MATERIALS FOR THE SEVENTH GRADE STUDENTS AT MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MAARIF KARANGASEM. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081011-COVER.pdf Download (704kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081011-ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2129081011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081011-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Bahan bacaan yang tersedia di Madrasah Tsanawiyah Maarif Karangasem belum cukup untuk membangun minat membaca siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan bacaan tambahan berbasis ICT untuk siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Maarif Karangasem. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kebutuhan siswa terhadap bahan bacaan tambahan berbasis TIK, mendeskripsikan desain bahan bacaan tambahan berbasis TIK, mengidentifikasi validitas isi dan kualitas bahan bacaan tambahan berbasis TIK. Untuk mengembangkan bahan bacaan tambahan berbasis ICT, peneliti mengikuti pendekatan ADDIE yang terdiri dari lima langkah, menganalisis, merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi. Penelitian ini melibatkan 40 siswa kelas VII, dua orang ahli isi, dan satu orang ahli media. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan lembar penilaian ahli. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi dan wawancara pada tahap analisis dianalisis menggunakan model analisis data interaktif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil lembar penilaian ahli dianalisis menggunakan model kesepakatan antar penilai dan hasil kuesioner untuk mengidentifikasi kualitas bahan bacaan tambahan berbasis TIK dikuantifikasi dan dikategorikan menggunakan referensi teori ideal. Penelitian ini menemukan bahwa siswa membutuhkan bahan bacaan dengan desain warna-warni, gambar menarik, video, dan kuis online yang dapat diakses secara online. Bahan bacaan tambahan berbasis TIK yang dikembangkan terbukti memiliki validitas isi yang tinggi. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa bahan bacaan tambahan berbasis ICT mempunyai kualitas yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi informasi dan komunikasi, membaca, materi pelengkap |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | SAHRULLAH |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 08:57 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 08:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18410 |
Actions (login required)
View Item |