Pengaruh Penerapan Pembelajaran Media Elektronik Berbasis Role Playing Terhadap Karakter Moral dan Agama Anak TK Saraswati 1 Denpasar

Yuliani, Ni Wayan (2024) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Media Elektronik Berbasis Role Playing Terhadap Karakter Moral dan Agama Anak TK Saraswati 1 Denpasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229031011-COVER)
2229031011-COVER.pdf

Download (371kB)
[img] Text (2229031011-ABSTRAK)
2229031011-ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text (2229031011-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229031011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text (2229031011-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229031011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (2229031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (2229031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (2229031011-BAB 5 PENUTUP)
2229031011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (2229031011-DAFTAR PUSTAKA)
2229031011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (2229031011-LAMPIRAN)
2229031011-LAMPIRAN.pdf

Download (605kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada perbedaan karakter moral dan agama siswa yang belajar melalui media elektronik berbasis role playing dan siswa yang belajar melalui konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa TK Saraswati 1 Denpasar tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 41 orang siswa yang terbagikedalam 2 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, dimana seluruh siswa sebagai populasi digunakan sebagai sampel penelitianya itu sebanyak 41 siswa yang terbagi ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pendekatan penelitan eksperimen semu digunakan dengan desain non equivalent control group. Pengumpulan data karakter moral dan agama siswa menggunakan lembar observasi karakter moral dan agama anak. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa karakter moral dan agama siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media elektronik berbasis role playing lebih baik daripada yang konvensional.Hal ini disebabkan karena antusias siswa dalam mengikuti proses belajar dikelas yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Elektronik, Role Playing, Karakter Moral dan Agama.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: NI WAYAN YULIANI
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:10
Last Modified: 07 Feb 2024 01:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18420

Actions (login required)

View Item View Item