Haris, Abdul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS 4 (STUDI KASUS MI MA'ARIF AL-AMINAH PAMBON). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1915051079-COVER)
1915051079-COVER.pdf Download (9MB) |
|
Text (1915051079-ABSTRAK)
1915051079-ABSTRAK.pdf Download (9MB) |
|
Text (1915051079-BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (9MB) |
|
Text (1915051079-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (1915051079-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915051079-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (1915051079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (1915051079-BAB 5 PENUTUP)
1915051079-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (1915051079-DAFTAR PUSTAKA)
1915051079-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9MB) |
|
Text (1915051079-LAMPIRAN)
1915051079-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran game edukasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas 4 di MI Ma’arif Al-Aminah Pambon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research & development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di kelas 4 pada 22 peserta didik dan seorang guru pengampu mata bahasa Jawa. Data dalam penelitian ini didapatkan dari angket validitas uji ahli isi, ujiahli media dan desain, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan, respons peserta didik, dan uji efektivitas. Hasil perhitungan validitas ahli isi serta ahli media dan desain menunjukkan bahwa tingkat validitas sebesar 1,00 termasuk dalam tingkat kriteria “Sangat Valid”. Hasil yang didapatkan dari uji coba kelompok kecil sebesar 88,5% termasuk dalam kualifikasi “Baik” dan uji coba lapangan sebesar 90,03% termasuk dalam kualifikasi “Sangat Baik”. Hasil rata-rata respons peserta didik yang didapatkan sebesar 55,68 jika dikonversikan ke dalam tabel kriteria penggolongan respons menunjukkan termasuk dalam rentangan kategori “Sangat Positif”. Hasil pre-test rat-rata peserta didik yakni 58,2 kemudian hasil post-test nilai peserta didik meningkat dengan rata-rata 88,7 setelah penggunaan media pembelajaran game edukasi. Uji Efektivitas memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,73 sehingga uji efektivitas yang dilaksanakan menunjukkan bahwa produk game edukasi mata pelajaran Bahasa Jawa kelas 4 yang dikembangkan memiliki efektivitas “Tinggi”. Jadi, bisa disimpulkan pengembangan media pembelajaran game edukasi efektif mampu meningkatkan pemahaman materi pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas 4 di MI Ma’arif Al-Aminah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Game Edukasi, Bahasa Jawa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Abdul Haris |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 00:54 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 00:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18614 |
Actions (login required)
View Item |