Widiarta, I Gusti Komang Agus Angga Putra (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UPAKARA BALI PADA MATERI GEOMETRI KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031006-COVER.pdf Download (940kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031006-ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031006-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis etnomatematika upakara Bali pada Materi Geometri Kelas II Sekolah Dasar. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media yang masing-masing berjumlah dua orang, satu orang guru kelas II SDN 2 Sukasada, 6 orang peserta didik kelas II SDN 2 Sukasada pada uji coba perorangan dan 10 orang peserta didik kelas II SDN 2 Sukasada pada uji coba keloimpok kecil. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) karena memiliki tahapan yang sistematis. Metode pengumpulamn data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk e-LKPD, meliputi hasil: (a) rancang bangun pengembangan e-LKPD berbasis etnomatematika upakara Bali pada Materi Geometri Kelas II Sekolah Dasar, yang meliputi tahapan analisis, desain dan pengembangan; (b) hasil uji validitas yang meliputi: (1) hasil uji validitas ahli materi memeroleh persentase 97,5% dengan kualifikasi sangat baik; dan (2) hasil uji validitas ahli media yang memeroleh persentase 98% dengan kualifikasi sangat bail; (c) respon guru dan peserta didik yang meliputi: (1) penilaian respon guru dengan persentase 99% dengan kualifikasi sangat baik; (2) uji coba perorangan dengan persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik; (3) uji coba kelompok kecil dengan persentase 96% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis etnomatematika upakara Bali pada Materi Geometri Kelas II Sekolah Dasar layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD; Etnomatematika; Upakara Bali; Geometri; ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Komang Agus Angga Putra Widiarta |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 04:52 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 04:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18636 |
Actions (login required)
View Item |