PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Liani, Kadek Delita (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2223071007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2223071007-ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2223071007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2223071007-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Liani, Kadek Delita (2024), Pengembangan buku ajar kimia SMA berbasis STEM dengan strategi scaffolding untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nyoman Suardana, M.Si., dan Pembimbing II: Dr. Ida Bagus Putu Mardana, M.Si. Kata-kata kunci: Buku ajar, kimia, STEM, scaffolding, keterampilan berpikir kritis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku ajar kimia SMA berbasis STEM dengan strategi scaffolding. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian angket validitas, angket kepraktisan, dan tes uraian keterampilan berpikir kritis. Rancangan penelitian yang digunakan pada uji efektivitas yaitu one group pretest-posttest design. Data hasil uji efektivitas dianalisis menggunakan gain score ternomalisasi dan uji proporsi satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan buku ajar kimia SMA berbasis STEM dengan strategi scaffolding memiliki karakteristik yaitu buku dapat digunakan dalam bentuk cetak dan digital (softfile .pdf), buku dibuat dengan mengacu capaian pembelajaran kurikulum merdeka fase F, buku mengintegrasikan STEM dan scaffolding melalui penyelidikan, eksperimen, dan proyek sederhana, serta menyajikan materi dan soal dengan urutan sederhana hingga kompleks, serta dilengkapi dengan berbagai konten pendukung seperti Ayo Bermain, Ayo Berlatih, Ayo Beraktivitas, dan Ayo Cari Tahu yang dapat melatih pengembangan keterampilan berpikir kritis. Hasil uji validitas buku ini sangat tinggi pada aspek materi, bahasa, dan kegrafikaan. Secara praktis, buku ini dapat digunakan oleh guru dan peserta didik, dengan hasil uji kepraktisan yang tergolong sangat praktis oleh kedua pihak. Efektivitas buku ini terlihat dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik, dengan n-gain score rata-rata sebesar 0,57 (kategori sedang). Analisis uji proporsi satu sampel juga menunjukkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, mengindikasikan bahwa buku ajar ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, kimia, STEM, scaffolding, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Kadek Delita Liani
Date Deposited: 17 Feb 2024 23:13
Last Modified: 17 Feb 2024 23:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18696

Actions (login required)

View Item View Item