Afrillianingsih, Ni Kadek (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA AUGMENTED REALITY BUDAYA BALIKU TOPIK MAKANAN KHAS TRADISIONAL PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031032-COVER.pdf Download (673kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031032-ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031032-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Keadaan literasi budaya di Indonesia sangat rendah. Rendahnya literasi budaya yang terjadi di Indonesia juga dapat dibuktikan dengan banyaknya kasus diskriminasi dan sara yang terjadi di masyarakat (Helaluddin, 2018; Mubarrak & Kumala, 2020) pada jurnal (Murti & Handayani, 2022). Untuk itu, diperlukan media seperti Buku Cerita Augmented Reality guna mengatasi permasalahan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode kuesioner/angket, dan yang terakhir yaitu metode tes. Subjek pada penelitian ini yaitu 2 ahli materi pembelajaran, 2 ahli media pembelajaran, 2 guru/praktisi, dan 10 orang siswa. Hasil uji validitas ahli materi memperoleh skor 0,95 dalam kisaran V ≥ 0,8 menurut tabel kriteria validitas aiken adalah kualifikasi yang sangat baik (tinggi), uji ahli media pembelajaran memperoleh skor 0,88 dalam kisaran V ≥ 0,8 menurut tabel kriteria validitas aiken adalah kualifikasi yang sangat baik (tinggi). Kemudian hasil uji kepraktisan guru/praktisi memperoleh skor 4,0 dalam kisaran 3,25 ≤ X < 4,0 menurut Tabel konversi skala 5 adalah kualifikasi sangat baik, uji kepraktisan pada siswa memperoleh skor sebesar 3,68 dalam kisaran 3,25 ≤ X < 4,0 menurut Tabel konversi skala 5 adalah kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas diperoleh nilai thitung lebih dari ttabel (11,056 lebih dari 2,045), artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada kompetensi pengetahuan literasi budaya muatan IPAS siswa (5%) antara sebelum dan sesudah menggunakan Buku Cerita Augmented Reality. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku efektif diterapkan pada muatan IPAS materi makanan khas tradisional siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Cerita, IPAS, Augmented Reality |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Afrillianingsih |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 05:06 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 05:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18735 |
Actions (login required)
View Item |