Suwandewi, Anak Agung Ayu (2024) Pengembangan Alat Peraga Materi Pembelajaran Computational Thinking Untuk Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Tingkat SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051003-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051003-ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051003-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051003 BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi atas kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang bersifat abstrak (Tidak berwujud) pada materi berpikir komputasional mata pelajaran informatika kelas VII. Oleh sebab itu, diperlukan adanya sebuah inovasi untuk memvisualisasikan permasalahan tidak berwujud ini. Penelitian ini memiliki tujuan agar mendapatkan alat peraga materi berpikir komputasional mata pelajaran informatika kelas VII yang bisa menopang anak didik saat menyelesaikan persoalan yang bersifat abstrak (Tidak berwujud) dan bisa melaksanakan proses belajar menjadi lebih menarik. Penelitian ini adalah bagian penelitian Research and Development (R&D) melalui media pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dampak keabsahan yang didapatkan atas penelitian ini berlandaskan uji ahli isi kemudian uji ahli media mendapatkan nominal rata-rata sejumlah 1,00 yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Tinggi” atau “Sangat Valid”. Berdasarkan dari uji respon guru menghasilkan nominal rata-rata 47,5 yang dapat dikategorikan “Sangat Layak” dan hasil uji respon anak didik menghasilkan nominal rata-rata 47,7 yang dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Sehingga pengembangan alat peraga materi berpikir komputasional pada mata pelajaran informatika kelas VII layak agar dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, karena membantu memvisualisasikan permasalahan yang tidak berwujud, mudah digunakan, dan membuat proses belajar lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga, Computational Thinking, Informatika |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Ayu Suwandewi |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 01:52 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 01:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18760 |
Actions (login required)
View Item |