PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NO 1 DALUNG

Apriyantini, Ni Putu Diah (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NO 1 DALUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129071004-COVER.pdf

Download (324kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129071004-ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2129071004-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2129071004-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129071004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129071004-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran di era abad 21 menuntut guru untuk memiliki keterampilan dan literasi digital yang baik, sehingga perlu adanya integrasi teknologi digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan dalam mendukung proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika kelas V. Adapun model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa kelas V di SD No. 1 Dalung. Jenis data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Intrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan tes essay. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil validasi game edukasi yaitu ahli isi pembelajaran berkualifikasi baik, ahli desain pembelajaran berkualifikasi baik, ahli media pembelajaran berkualifikasi sangat baik, sehingga game edukasi dinyatakan valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba perorangan sebesar 83,11% dengan kualifikasi baik dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 80,45% dengan kualifikasi baik, sehingga game edukasi dinyatakan praktis untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji-t terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas V dalam kemampuan pemahaman konsep matematika sebelum dan sesudah game edukasi digunakan. Hasil rata-rata posttest sebesar 79,43 dengan kualifikasi baik dan berada di atas KKM yaitu 75,00, sehingga game edukasi ini dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, kemampuan pemahaman konsep matematika, matematika realistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Ni Putu Diah Apriyantini, S.Pd.
Date Deposited: 21 Feb 2024 09:23
Last Modified: 21 Feb 2024 09:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19124

Actions (login required)

View Item View Item