PELATIHAN NASIONAL PANJAT TEBING MENUJU KEMENANGAN DI ASIAN GAMES HANGZHOU XI DAN OLIMPIADE PARIS 2024

Kusumadewi, Desak Made Rita (2024) PELATIHAN NASIONAL PANJAT TEBING MENUJU KEMENANGAN DI ASIAN GAMES HANGZHOU XI DAN OLIMPIADE PARIS 2024. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.

[img] Text (COVER)
1916011066- Cover.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011066_ Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (12kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI (ISI))
1916011066_Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3 PENUTUP)
1916011066- Bab3 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)

Abstract

Tahun 2023 merupakan awal dari sebuah perjuangan menuju olimpiade paris 2024, dimana di tahun ini akan dilaksanakannya seri World Cup, Asian Games dan Kualifikasi Olimpiade. Seluruh atlet di dunia termasuk Indonesia sangat mempersiapan diri sebaik mungkin dengan kapasitas dan performa yang sangat baik pula agarbisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Panjat Tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidakbisa dilakukan dengan caraberjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-tekniktertentu untuk bisamelewatinya. Padaumumnya panjattebing dilakukan pada daerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45° dan mempunyai tingkat kesulitantertentu. Sport climbing adalah salah satu cabang olahraga yang cukup dipandang dalam beberapa tahun ke belakang. Sport climbing menjadi booming setelah dimasukkan ke dalam Asian Games tahun 2018 sebagai salah satu cabang olahragayang dipertandingkan. Perbedaan sport climbing dengan rock climbing Sebenarnya tidak ada banyak perbedaan yang signifikan. Tetapi istilah rock climbing lebih mengacu kepada aktivitas memanjat yang dilakukan di alam terbuka seperti tebing bebatuan. Hanya saja sport climbing dilakukan di luar ruangandengandindingyangtidak terlalu tinggi sertahanyamemiliki satu jalur pemanjatan. Sport climbing lebih fokus kepada tiga disiplin utama yaitu lead, boulder dan speed. Setiap atlet memiliki spesialis kategori. Dilaporan kegiatan ini saya akan membuat laporan kegiatan kategori speed. Ada tiga hal yang penting dari keberhasilan setiap atlet untuk mencapai performa maksimal, antara lain ; Latihan, istirahat dan nutrisi. Saya akan membuat laporankegiatan program pelatnas yang diberikan pelatih baik program fisik, teknik, dan psikolog.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Desak Made Rita Kusuma Dewi
Date Deposited: 22 Feb 2024 14:02
Last Modified: 22 Feb 2024 14:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19382

Actions (login required)

View Item View Item