PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIENTAL BERORIENTASI TRI PRAMANA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN LITERASI SAINS PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BULELENG

Susiani, Ketut (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIENTAL BERORIENTASI TRI PRAMANA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN LITERASI SAINS PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BULELENG. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2139031009-COVER.pdf

Download (320kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139031009-ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139031009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139031009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2139031009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139031009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2139031009-LAMPIRAN.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas, kepraktisan serta efektifitas model pembelajaran Eksperiental berorientasi Tri Pramana (SHE Model) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan literasi sains siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi sepuluh tahapan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek penelitian yaitu: 1) 13 orang panel judgment untuk menilai validitas teoretik model pembelajaran awal, 2) uji kepraktisan melibatkan 3 guru dan 60 siswa, 3) dalam pengujian efektivitas SD 1 Banjar Jawa sebanyak 30 Siswa sebagai kelompok eksperimen dan dan SD 3 Banjar Jawa sebanyak 30 siswa diberlakukan menjadi kelompok kontrol. Metode analisis data untuk memperoleh hasil pengujian efektivitas menggunakan analisis MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rancang bangun model pembelajaran Eksperiental berorientasi Tri Pramana (SHE Model) memenuhi kriteria valid secara teoretik, dan kriteria kepraktisan yang tinggi. Hasil pengujian menghasilkan sintaks yang meliputi: spirit and motivasion, searching the information, say what you have found,save of the information in your memory, dan spread, conclusion and recommendation. Validitas model pembelajaran Eksperiental berorientasi Tri Pramana (SHE Model) secara keseluruhan dinyatakan valid oleh 13 ahli dengan CVR 1 dan CVI Istimewa, dan kepraktisan dari respon guru, persentase sebesar 97,45% dan respon siswa persentase sebesar 98,57% pada kategori sangat praktis; 2) model pembelajaran pembelajaran Eksperiental berorientasi Tri Pramana efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan literasi sains siswa Sekolah Dasar. Hasil effect size aktivitas belajar dan literasi sains secara simultan sebesar 73,76 dengan kategori efektivitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bagi guru di SD untuk menggunakan model Eksperiental berorientasi Tri Pramana (SHE model) untuk meningkatkan kualitas aktifitas pembelajaran siswa dan kemampuan literasi sains.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: SHE model, aktivitas belajar, literasi sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Ketut Susiani, S.Pd.,M.Pd
Date Deposited: 09 Mar 2024 07:53
Last Modified: 09 Mar 2024 07:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19509

Actions (login required)

View Item View Item