PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MUATAN IPA MATERI MANFAAT ENERGI MATAHARI KELAS IV SD NO.1 MEKAR BHUANA

Putra, I Gusti Ngurah Angga (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MUATAN IPA MATERI MANFAAT ENERGI MATAHARI KELAS IV SD NO.1 MEKAR BHUANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031221-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031221-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031221-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031221-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031221-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031221-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031221-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031221-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031221-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan media video animasi dalam pembelajaran IPA materi manfaat energi matahari kelas IV di SD No. 1 Mekar Bhuana. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli isi materi, dan siswa kelas IV SD No. 1 Mekar Bhuana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil berupa media video animasi yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Media video animasi yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil uji ahli rancang bangun 92,5%, ahli isi 90%, ahli desain pembelajaran 88,33%, ahli media pembelajaran 92,33%, uji perorangan 89,17%, uji kelompok kecil 93%,. Sementara itu hasil perhitungan uji efektifitas berdasarkan hasil uji-t univariat diperoleh thitung sebesar 3,076 yang kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 21 adalah sebesar 2,079. Hasil menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,076 > 2,079), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD No. 1 Mekar Bhuana sesudah menggunakan media pembelajaran video animasi muatan IPA materi manfaat energi matahari lebih dari atau sama dengan KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video animasi materi manfaat energi matahari efektif diterapkan pada muatan pelajaran IPA kelas IV di SD No. 1 Mekar Bhuana. Keefektivan penggunaan media video animasi juga terlihat dari peningkatan rata-rata kompetensi pengatahuan IPA siswa yang diukur melalui pretest dan posttes. Nilai rata-rata pretest sebesar 50,45 dan nilai rata-rata posttest sebesar 81,81.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Video Animasi, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ngurah Angga putra
Date Deposited: 13 Mar 2024 06:23
Last Modified: 13 Mar 2024 06:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19511

Actions (login required)

View Item View Item