Cahyani, Kadek Aprilia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF KULINER ASIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL SENI KULINER UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051019-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051019-ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI)
1815051019-BAB 3 METODOLOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051019-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah Kuliner Asia, tingkat pemahaman dan motivasi peserta didik masih rendah karena kurangnya variasi media pembelajaran dan ketersediaan bahan ajar Kuliner Asia yang sesuai dengan standar baku dari negara asal. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk membantu mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar Kuliner Asia. Tujuan dari penelitian pengembangan adalah untuk menghasilkan produk media interaktif, mengetahui kelayakan serta respon dosen dan mahasiswa terhadap media interaktif Kuliner Asia berbasis project based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Responden penelitian ini ialah ahli isi, ahli desain-media, mahasiswa program studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner Undiksha dan dosen pengampu mata kuliah Kuliner Asia. Perolehan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan penggunaan instrumen kuesioner. Produk media interaktif Kuliner Asia berbasis project based learning yang dikembangkan berbantuan software Adobe Captivate valid, efektif dan layak digunakan pada pembelajaran Kuliner Asia. Terbukti perolehan hasil rata-rata koefisien uji ahli isi dan desain-media sebesar 0,97 yang masuk kriteria ”Sangat Valid” dan uji efektivitas menggunakan perhitungan N-Gain memperoleh nilai 0,77 yang termasuk kriteria “Efektif”. Selain itu, hasil respon dosen dan mahasiswa menggunakan metode UEQ adalah positif pada aspek yang terdiri dari: attractivesness , perspicuity, efficiency, dependability, stimulation dan novelty. Dapat disimpulkan media interaktif berbasis project based learning yang dikembangkan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran Kuliner Asia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Project Based Learning, Mata Kuliah Kuliner Asia, Adobe Captivate, UEQ |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Kadek Aprilia Cahyani |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 05:45 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 05:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19559 |
Actions (login required)
View Item |