PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN MEDIA EDPUZZLE DALAM PEMBELAJARAN CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 10 DENPASAR

Pradnyandari, I Gusti Ayu Putri (2024) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN MEDIA EDPUZZLE DALAM PEMBELAJARAN CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 10 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011047-COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011047-ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (511kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011047-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan video interaktif menggunakan media edpuzzle dalam pembelajaran cerita fantasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Denpasar; (2) mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan video interaktif menggunakan media edpuzzle dalam pembelajaran cerita fantasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Sumber data pada penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa kelas VII. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon siswa, dan tes evaluasi. Tempat penelitian berlangsung di SMP Negeri 10 Denpasar. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan video interaktif. Hasil penelitian menunjukkan (1) rancang bangun dari video interaktif yang dibuat sudah sesuai persyaratan video yang baik; (2) validitas video interaktif sebesar 4,26 dengan kriteria sangat valid; (3) kepraktisan video interaktif sebesar 4,42 dengan kriteria sangat praktis; (4) keefektifan video interaktif dari rata-rata nilai posttest siswa lebih tinggi daripada siswa kelas konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, video interaktif yang dikembangkan sangat valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada materi cerita fantasi kelas VII di SMP Negeri 10 Denpasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: cerita fantasi, media pembelajaran video, pengembangan media, video interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: I GUSTI AYU PUTRI PRADNYANDARI
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:00
Last Modified: 10 Jun 2024 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19914

Actions (login required)

View Item View Item