Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terkait Kerugian Konsumen Akibat Ketidak Sesuaian Jasa Servis Motor Yang Diperjanjikan (Studi Kasus Di Kota Singaraja)

Rezki, A.Khairi (2024) Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terkait Kerugian Konsumen Akibat Ketidak Sesuaian Jasa Servis Motor Yang Diperjanjikan (Studi Kasus Di Kota Singaraja). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2014101069-COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014101069-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014101069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2014101069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METOLOGI PENELITIAN)
2014101069-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014101069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2014101069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014101069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014101069-LAMPIRAN.pdf

Download (989kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggung jawab pelaku usaha terkait kerugian konsumen akibat ketidak sesuaian jasa servis yang diperjanjikan yang ada di kota singaraja terkhusus pada bentuk pertanggung jawab yang diberikan pelaku usaha jasa servis motor dalam hal terjadinya kegagalan pemenuhan prestasi yang sebelumnya disepakati dan itikad baik pelaku usaha jasa servis motor dalam hal berusaha memenuhi prestasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian hukum empiris, dengan sifat penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kota Singaraja. Bahan hukum yang digunakan berasal dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier dengan Teknik pengumpulan menggunakan Teknik studi dokumen, observasi dan wawancara. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan bentuk penerapan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh data secara sistematis mengenai fakta – fakta suatu peristiwa yang timbul didalam Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pertanggung jawaban untuk mengganti kerugian konsumen dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti ganti rugi, pemberian, tidak membebankan biaya servis, dan penjelasan lengkap dan usaha penyelesaian masalah. Itikad baik yang dilakukan yaitu komunikasi terbuka, memberikan pelayanan ekstra, memberikan pemenuhan garansi, upaya perbaikan dan koreksi serta memberikan rujukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaku Usaha, Pertanggung Jawaban, Konsumen.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: A.khairi Rezki
Date Deposited: 18 Jun 2024 03:38
Last Modified: 18 Jun 2024 03:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19997

Actions (login required)

View Item View Item