Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SD

Charlina, Ni Kadek Elsya (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031083-COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031083-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031083-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031083-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031083-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan rancang bangun multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning (PBL); (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning (PBL); (3) mengetahui kepraktisan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning (PBL); dan (4) mengetahui keefektifan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi perubahan wujud benda kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 4 ahli, 3 guru, dan 20 peserta didik. Objek penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen, one shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket tertutup menggunakan rating scale dan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi perubahan wujud benda kelas IV SD; (2) memperoleh hasil rata-rata validitas oleh ahli isi muatan pembelajaran senilai 4,81 berkualifikasi sangat baik dan rata-rata hasil validitas oleh ahli media pembelajaran senilai 4,88 berkualifikasi sangat baik; (3) memperoleh hasil rata-rata kepraktisan oleh guru sebesar 4,85 berkualifikasi sangat baik dan rata-rata kepraktisan oleh peserta didik sebesar 4,77 berkualifikasi sangat baik; dan (4) hasil uji-t one sample menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning pada materi perubahan wujud benda kelas IV SD layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, Problem Based Learning, articulate storyline, perubahan wujud benda
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK ELSYA CHARLINA
Date Deposited: 20 Jun 2024 23:44
Last Modified: 20 Jun 2024 23:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20065

Actions (login required)

View Item View Item