PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

DEWI, NI KADEK SINTYA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012011091-COVER.pdf

Download (795kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011091-ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011091-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011091-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011091-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini dikembangkan E-Modul berorientasi STEM pada materi pola bilangan, barisan, dan deret. Melalui pendekatan STEM, E-modul ini dirancang untuk membantu siswa dalam memahami masalah kontekstual yang sering kali sulit dipahami karena kurangnya pemahaman. Masalah tersebut akan lebih mudah dipahami jika siswa menemukannya sendiri, namun bahan ajar yang mendukung pendekatan ini masih sangat minim. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menyediakan bahan ajar dengan pendekatan STEM yang dapat meningkatkan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, pemecahan masalah, serta kreativitas dan inovasi siswa. Pengembangan E-Modul ini menggunakan model ADDIE dengan bantuan aplikasi LUMI. Berdasarkan uji validitas oleh dua pakar, materi memperoleh nilai 4,60 dan media memperoleh nilai 4,625 dari nilai maksimum 5, yang keduanya dikatergorikan sangat tinggi. Uji coba terbatas juga dilakukan untuk menilai kepraktisan dan keefektifan produk. Hasil angket kepraktisan menunjukkan respons guru dan siswa pada aspek kejelasan dengan kategori baik, sementara aspek data tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan mendapat kategori unggul. Selain itu, uji coba menemukan bahwa E-Modul ini memiliki keefektifan dengan rata-rata skor sebesar 0,619. Berdasarkan kriteria keefektifan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Modul ini mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Matematika, Pendekatan STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI KADEK SINTYA DEWI
Date Deposited: 28 Jun 2024 00:52
Last Modified: 28 Jun 2024 00:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item View Item