Anjaswari, Arida (2024) PENGEMBANGAN E-KOMIK INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011080-COVER.pdf Download (930kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011080-ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (209kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011080-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011080-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011080-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Satu diantara penyebab rendahnya pemahaman konsep matematika siswa diartikan media yang dipakai dalam pembelajaran tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-komik interaktif berbasis etnomatematika yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian tertulis diartikan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian tertulis meliputi observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes pemahaman konsep. Subjek penelitian diartikan 31 siswa kelas VII A dan satu guru matematika di SMP Negeri 1 Sukasada. Penelitian tertulis menghasilkan E-Komik yang memiliki karakteristik berikut: 1) E-Komik memiliki interaktivitas tinggi dengan adanya fitur single choice, fitur checkbox, fitur menjodohkan, fitur drag and drop, fitur link, dan fitur lainnya; 2) E-Komik menekankan aktivitas pembelajaran berbasis etnomatematika bangungan Bale untuk mengajarkan konsep Bangun ruang sisi datar; 3) E-Komik terintegrasi dengan berbagai platform pendidikan lain seperti GeoGebra, Wordwall, dan 3D Warehouse; 4) E-Komik dikembangkan dengan website liveworksheet yang dapat diakses secara digital. Hasil skor validasi e-komik interaktif menurut penilaian ahli materi dan ahli media memiliki rerata sejumlah 4,68 termasuk dalam kategori yang sangat baik. Kepraktisan e-komik interaktif menurut User Experience Questionnaire (UEQ) didapatkan hasil pada aspek kejelasan berkategori baik, sedangkan aspek daya Tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi serta kebaruan berkategori unggul. Keefektifan e-komik interaktif menurut hasil pretest-posttest pemahaman konsep memiliki skor N-gain sejumlah 0,46 dan termasuk dalam kategori sedang. Menurut dari hasil penelitian yang didapat, disimpulkan e-komik interaktif diartikan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VII SMP
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-komik interaktif, Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Arida Anjaswari |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 00:55 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 00:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20195 |
Actions (login required)
View Item |