Pengembangan Game RPG “The English Kingdom” pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Busungbiu Tahun Pelajaran 2023/2024

Subakti, Ketut Priadnyana (2024) Pengembangan Game RPG “The English Kingdom” pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Busungbiu Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021022-COVER.pdf

Download (666kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021022-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021022-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses perancangan game RPG dengan judul“The English Kingdom”, serta untuk mengetahui validitas game RPG pembelajaran menurut para pakar dan subjek uji coba. Proses perekaman data penelitian menggunakan dokumentasi dan angket kuesioner. Metode analisis data menerapkan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil analisis data penelitian menguraikan (1) pengembangan multimedia pembelajaran menerapkan model pengembangan ADDIE yaitu, analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). (2) game RPG “The English Kingdom” telah dinyatakan valid, sesuai standar validasi yang ditetapkan melalui proses: a) uji ahli isi pembelajaran dengan skor 95,45 sangat baik, b) uji ahli desain pembelajaran dengan skor 90,00 sangat baik c) hasil review ahli media pembelajaran dengan skor 93,75 sangat baik d) uji coba perorangan yang berjumlah 3 orang dengan skor 91,67 sangat baik e) uji coba kelompok kecil yang berjumlah 6 orang dengan skor 91,67 sangat baik f) uji coba kelompok besar yang diikuti seluruh siswa kelas VIII E dengan skor 84,47 sangat baik. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukan bahwa game RPG “The English Kingdom” memiliki kualitas sangat baik sehingga valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Dengan hasil akhir penelitian yang sangat baik, produk game RPG ini juga menunjukan adanya antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, produk ini dinilai memiliki potensi untuk diintegrasikan secara berkelanjutan disekolah untuk dapat meningkatkan motivasi belajar mereka terkait materi yang disampaikan melalui sebuah game RPG.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, game, role playing games, gamifikasi.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Ketut Priadnyana Subakti
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:32
Last Modified: 12 Jul 2024 08:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20380

Actions (login required)

View Item View Item