PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERKONSEP GAMIFIKASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA

Agustini, Ni Kadek Tamara (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERKONSEP GAMIFIKASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915051016-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915051016-ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915051016-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran informatika mulai diterapkan kembali pada kurikulum merdeka, tingkat pemahaman dan motivasi peserta didik dalam belajar rendah dikarenakan kurangnya variasi dalam media pembelajaran dan bahan ajar. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk membantu peserta didik untuk dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi dalam belajar informatika. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berkonsep gamifikasi dengan model problem based learning pada mata pelajaran informatika serta mengetahui kelayakan dan respon peserta didik dan guru terhadap produk media interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan MDLC. Responden penelitian ini ialah ahli isi, ahli media, peserta didik kelas VII, kelas VIII dan guru pengampu mata pelajaran informatika. Perolehan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan penggunaan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: produk media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan software adobe captivate, efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran informatika. Terbukti dengan perolehan hasil rata-rata koefisien uji ahli isi dan desain-media sebesar 1,00 berada pada kriteria “Sangat Valid”, hasil pengujian efektivitas dengan perhitungan N-Gain, memperoleh rata-rata sebesar 0,756 termasuk kriteria “Efektif”, hasil respon guru dan peserta didik menggunakan metode UEQ adalah positif pada aspek yang terdiri dari: Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Problem based learning, Gamifikasi, Mata Pelajaran Informatika, Adobe Captivate, UEQ
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Tamara Agustini
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:43
Last Modified: 10 Jul 2024 07:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20436

Actions (login required)

View Item View Item