Pengembangan Aplikasi Media Edukasi untuk Siswa Berbasis Augmented Reality

Satyawan, Kadek (2024) Pengembangan Aplikasi Media Edukasi untuk Siswa Berbasis Augmented Reality. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2255015006-COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2255015006-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2255015006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 2 LANDASAN TEORI)
2255015006-BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2255015006-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2255015006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2255015006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2255015006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2255015006-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi media edukasi berbasis Augmented Reality (AR) pada platform Android sebagai media edukasi interaktif. Sasaran umur pengguna aplikasi ini adalah anak-anak dengan rentang usia 10 sampai 11 tahun. Tahapan pengembangan meliputi analisis, desain, dan implementasi sistem, dengan menggunakan Blender3D untuk pemodelan 3D, Android SDK dan JDK untuk pengembangan, serta IbisPaintX, Canva, dan Marker Target Image untuk desain grafis. Hasilnya adalah aplikasi media edukasi yang memperkenalkan berbagai jenis hewan secara menarik dan interaktif. Pengujian yang digunakan meliputi Black-Box Testing dan System Usability Scale (SUS). Pengujian black-box dilakukan pada tiga smartphone berbeda dengan hasil yang didapat bahwa aplikasi berjalan lancar tanpa bug signifikan, sedangkan pengujian SUS mendapatkan skor rata-rata 84 dengan grade B, menunjukkan tingkat kegunaan yang baik berdasarkan kemudahan penggunaan, efisiensi, dan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Edukasi, Hewan, Mobile Android.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)
Depositing User: Kadek Satyawan
Date Deposited: 12 Jul 2024 00:25
Last Modified: 12 Jul 2024 00:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20477

Actions (login required)

View Item View Item