Wikasari, Ayu (2024) Pengembangan LKPD Berbantuan Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2023011003-COVER.pdf Download (271kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023011003-ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
2023011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
2023011003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023011003-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbantuan scratch yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan Computational Thinking siswa. Penelitian ini merupakan penelitian desain yang menggunakan prosedur penelitian dari Plomp yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP AMI Denpasar dengan rincian kelas VIII C (uji coba terbatas) sebanyak 10 siswa, kelas VIII A (uji coba lapangan I) sebanyak 21 siswa, dan kelas VIII B (uji coba lapangan II) sebanyak 22 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon siswa, angket respon guru dan tes untuk mengukur kemampuan computational thinking siswa. Hasil penelitian menunjukkan LKPD berbantuan scratch yang valid yaitu dengan rata-rata skor 3,89 dengan kriteria sangat valid. Hasil dari angket respon guru dengan persentase 90% kategori sangat praktis dan angket respon siswa dengan persentase yaitu 83% kategori praktis. Rata-rata tes kemampuan computational thinking diperoleh melebih KKM yang ditetapkan yaitu 75 sehingga LKPD berbantuan scratch dinyatakan efektif. LKPD berbantuan scratch memberikan siswa kesempatan untuk melakukan proses pemecahan masalah melalui dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma. Siswa dapat mengeksplor program scratch secara langsung serta membuat proyek sendiri berdasarkan masalah yang diberikan sehingga dapat meningkatkan kemampuan computational thinking.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Scratch, Computational Thinking |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ayu Wikasari |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 05:46 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 05:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20583 |
Actions (login required)
View Item |