PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MOBILE PADA MATERI OPERASI BILANGAN CACAH UNTUK SISWA SD KELAS 2

Santriana, I Kadek Sila (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MOBILE PADA MATERI OPERASI BILANGAN CACAH UNTUK SISWA SD KELAS 2. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011038-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011038-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011038-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4D, terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Latar belakang masalah yang ditemui pada peserta didik Sekolah Dasar yang di tengah perkemabangan teknoligi ini sering salah arah baik dari orang tua yang dalam lingkungan keluarga memberikan mobile (hanphione) sebagai media bermain saja, namun diluar itu mobile juga bias menjadi media belajar yang mampu menarik minat belajar yang tinggi bagi anak tersebut. Salah satunya juga bias dikembangkan dalam mata pelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini diantaranya (1) mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran berbasis Game Mobile pada materi operasi bilangan cacah dan (2) mendeskripsikan tingkat kevalidan, keefektifan, dan kegunaan media pembelajaran berbasis Game Mobile pada materi operasi bilangan cacah. Hasil penelitian ini (1) Dalam pengembangannya, peneliti menggunakan Gdevelop 5 sebagai game engine dan beberapa software lain dalam pengolahan assets. Game mobile matcah terdiri dari 4 level (2) Media game mobile Matcah sudah diuji efektif dalam pembelajaran. Hal ini dilihat dari ketuntasan klasikal yang dicapai siswa dalam tahap uji coba.kriteria kefektifan game mobile Matcah dapat dikatangan sangat baik. Kegunaan game mobile Matcah dalam pembelajaran sangatlah baik. Jika dilihat dari analisis System Usability Scale didapat bahwa game mobile Matcah yang dikembangkan dapat diterima oleh siswa sekaligus mendapat nilai B dengan peringkat Sempurna. Pembelajaran dengan menggunakan game mobile Matcah memberikan dampak positif pada pembelajaran karena menarik dan memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Mobile, Model 4D, Operasi Bilangan Cacah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Kadek Sila Santriana
Date Deposited: 22 Jul 2024 09:30
Last Modified: 22 Jul 2024 09:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20703

Actions (login required)

View Item View Item