Jayanta, Kadek (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Etnomatematika dengan Augmented Reality. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011052-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011052-ABSTRAK.pdf Download (463kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011052-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Bangun ruang sisi lengkung termasuk materi rumit bagi peserta didik karena mengharuskan kemampuan spasial dalam memvisualisasikan bentuk bangun. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran dengan aplikasi augmented reality yang memenuhi kategori valid dan praktis untuk pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung berbasis etnomatematika sekaligus membantu ketersediaan media yang dapat memvisualisasikan objek. Dalam penelitian pengembangan ini digunakan model ADDIE dengan berbantuan aplikasi Unity dan Vuforia Engine untuk menghasilkan marker-based tracking pada aplikasi augmented reality. Uji validitas materi dan media dilakukan untuk mengetahui validitas dari hasil penelitian ini. Selanjutnya uji kepraktisan dilakukan dengan uji coba terbatas dalam kelompok kecil. Penilaian validitas materi berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata skor 4, 97 dan penilaian validitas media memperoleh kategori sangat baik dengan rata-rata skor 4, 34. Hasil uji kepraktisan menunjukkan hasil sangat praktis dengan rata-rata skor penilaian oleh guru sebesar 4, 85 dan rata-rata skor penilaian oleh peserta didik sebesar 4, 38. Oleh karena itu, modul pembelajaran dengan augmented reality ini valid dan praktis digunakan dalam menunjang pembelajaran bangun ruang sisi lengkung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | augmented reality, bangun ruang sisi lengkung, etnomatematika, modul pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Kadek Jayanta |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 06:56 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 06:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20789 |
Actions (login required)
View Item |