PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SMART KITCHEN BERBASIS HYPERMEDIA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS IV SD

Dewi, Kadek Darmaswari (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SMART KITCHEN BERBASIS HYPERMEDIA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganehsa.

[img] Text (COVER)
201301301-COVER.pdf

Download (764kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011031-ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011301-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011031-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan pada penelitian ini berupa media pembelajaran berupa game edukasi pada materi pengukuran kelas IV SD yang bernama “Smart Kitchen”. Game edukasi dibuat sebagai suplemen pembelajaran yang membantu peserta didik berlatih soal mengenai pengukuran secara sistematis dan mengembirakan. Terdapat dua tujuan yang difokuskan yakni, 1) Mendeskripsikan rancang bangun game edukasi Smart Kitchen; dan 2) Mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan dari game edukasi Smart Kitchen. Pada penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang hanya terbatas pada tahap ketiga yaitu tahap pengembangan. Tingkat kelayakan game edukasi Smart Kitchen telah diuji dengan berdasar pada penilaian dari dua orang ahli materi dan media menggunakan instrumen. Dari penilaian tersebut, diperolehan skor rata-rata sebesar 4,72 dari ahli materi dan sebesar 4,9 dari ahli media yang dikategorikan sebagai kelayakan sangat baik. Selain itu juga diujikan tingkat kepraktisannya melalui uji coba terbatas kepada satu guru dan 10 orang peserta didik serta memperoleh skor rata-rata guru dan peserta didik masing�masing sebesar 4,9 dan 4,49 yang dikategorikan sebagai kepraktisan sangat baik. maka disimpulkan bahwa Smart Kitchen layak dan praktis digunakan dalam media pembelajaran suplemen pada materi pengukuran kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, Smart Kitchen, pengukuran
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Darmaswari Dewi
Date Deposited: 23 Jul 2024 05:50
Last Modified: 23 Jul 2024 05:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20947

Actions (login required)

View Item View Item