EMANCIPATING THE STUDENTS: THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR 5TH GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL

Nurjannah, Ragil Ayu Marta (2024) EMANCIPATING THE STUDENTS: THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR 5TH GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021141-COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021141-ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021141-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021141-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2012021141-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021141-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN)
2012021141-BAB 5 KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021141-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021141-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penilaian adalah elemen penting dari proses evaluasi yang membantu guru membimbing siswa dan mengatur pembelajaran. Penilaian yang berdiferensiasi memungkinkan guru untuk mengevaluasi siswa berdasarkan kemampuan mereka, memberikan umpan balik yang terarah, dan mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan instrumen penilaian berdiferensiasi yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa kelas 5 untuk semester dua dari kurikulum Emansipasi. Penelitian ini menggunakan model Desain dan Pengembangan (DnD), yang melibatkan empat fase: Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Pengumpulan data dilakukan di dua sekolah dasar di Buleleng, melibatkan seorang guru bahasa Inggris, seorang guru kelas, dan 49 siswa kelas 5. Data dianalisis menggunakan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Selama fase analisis, data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen untuk menetapkan kriteria pengembangan. Pada fase desain, matriks dibuat untuk memandu pengembangan produk. Fase pengembangan melibatkan pembuatan instrumen penilaian berdasarkan matriks ini, yang disesuaikan dengan topik pembelajaran, tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan gaya belajar, serta mencakup petunjuk untuk guru dan jenis penilaian. Setelah evaluasi oleh ahli dan pengguna pada fase akhir, diputuskan bahwa instrumen penilaian berdiferensiasi yang dikembangkan memenuhi standar validitas dan cocok digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum emansipasi, Penilaian berdiferensiasi, Gaya belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ragil Ayu Marta Nurjannah
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:29
Last Modified: 23 Jul 2024 04:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20956

Actions (login required)

View Item View Item