Nurjannah, Ragil Ayu Marta (2024) EMANCIPATING THE STUDENTS: THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR 5TH GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021141-COVER.pdf Download (740kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021141-ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021141-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021141-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2012021141-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021141-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 KESIMPULAN)
2012021141-BAB 5 KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021141-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021141-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penilaian adalah elemen penting dari proses evaluasi yang membantu guru membimbing siswa dan mengatur pembelajaran. Penilaian yang berdiferensiasi memungkinkan guru untuk mengevaluasi siswa berdasarkan kemampuan mereka, memberikan umpan balik yang terarah, dan mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan instrumen penilaian berdiferensiasi yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa kelas 5 untuk semester dua dari kurikulum Emansipasi. Penelitian ini menggunakan model Desain dan Pengembangan (DnD), yang melibatkan empat fase: Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Pengumpulan data dilakukan di dua sekolah dasar di Buleleng, melibatkan seorang guru bahasa Inggris, seorang guru kelas, dan 49 siswa kelas 5. Data dianalisis menggunakan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Selama fase analisis, data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen untuk menetapkan kriteria pengembangan. Pada fase desain, matriks dibuat untuk memandu pengembangan produk. Fase pengembangan melibatkan pembuatan instrumen penilaian berdasarkan matriks ini, yang disesuaikan dengan topik pembelajaran, tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan gaya belajar, serta mencakup petunjuk untuk guru dan jenis penilaian. Setelah evaluasi oleh ahli dan pengguna pada fase akhir, diputuskan bahwa instrumen penilaian berdiferensiasi yang dikembangkan memenuhi standar validitas dan cocok digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum emansipasi, Penilaian berdiferensiasi, Gaya belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ragil Ayu Marta Nurjannah |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 04:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20956 |
Actions (login required)
View Item |