PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GOAK (JAGO AKSARA) BALI BERBASIS SELF REGULATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA BALI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUTIARA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Ayusadewi, Ni Nyoman (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GOAK (JAGO AKSARA) BALI BERBASIS SELF REGULATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA BALI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUTIARA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011021017-COVER.pdf

Download (732kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011021017-ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011021017-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan proses dan rancang bangun pengembangan media game edukasi GoAk Bali berbasis self regulated learning, mendeskripsikan validitas pengembangan media game edukasi GoAk Bali berbasis self regulated learning, dan mengetahui efektivitas media game edukasi GoAk Bali berbasis self regulated learning pada mata pelajaran bahasa Bali siswa kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Subjek penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil, dan 20 orang siswa untuk uji coba lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) Media game edukasi GoAk Bali dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). (2) Validitas media game edukasi GoAk Bali dari hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 92,85%, uji ahli desain sebesar 98,75%, uji ahli media pembelajaran 97,64%, uji coba perorangan sebesar 90,33%, uji coba kelompok kecil sebesar 90%, dan uji coba lapangan sebesar 91,5%, yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. (3) efektivitas media game edukasi GoAk Bali dilihat dari uji-t yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media game edukasi GoAk Bali berbasis self regulated learning pada mata pelajaran bahasa Bali dengan rata-rata pretest 47,5 dan posttest 80,75 dengan hasil thitung Uji T sebesar 9,719 yang lebih besar dari Ttabel yaitu 2,024. Maka dapat disimpulkan bahwa media game edukasi GoAk Bali efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Bali siswa kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, game edukasi, self regulated learning, ADDIE, bahasa Bali, aksara Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Ayusadewi
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:54
Last Modified: 24 Jul 2024 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21005

Actions (login required)

View Item View Item