THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENTS BASED ON THE EMANCIPATED CURRICULUM FOR 8TH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Paramita, Kadek Candra (2024) THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENTS BASED ON THE EMANCIPATED CURRICULUM FOR 8TH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2012021130-COVER)
2012021130-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2012021130-ABSTRAK)
2012021130-ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text (2012021130-BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021130-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text (2012021130-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021130-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (2012021130-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021130-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (2012021130-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021130-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2012021130-BAB 5 PENUTUP)
2012021130-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (2012021130-DAFTAR PUSTAKA)
2012021130-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB)
[img] Text (2012021130-LAMPIRAN)
2012021130-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berdiferensiasi berdasarkan Kurikulum Merdeka yang disesuaikan dengan metode pembelajaran abad ke-21: pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berdasarkan proyek, dan pembelajaran berbasis penemuan, serta gaya belajar visual, auditori, baca/tulis, dan kinestetik. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas delapan dan seorang guru bahasa Inggris di SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development oleh Richey & Klein (2007), yang dilengkapi dengan tahap ADDE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation). Peneliti mengembangkan instrumen berdasarkan matriks dengan mempertimbangkan Alur Tujuan Pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Pada tahap analisis, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara guru, kuesioner siswa, dan analisis dokumen Alur Tujuan Pembelajaran. Pada tahap desain, peneliti merancang matriks yang terdiri dari beberapa aspek, seperti tujuan pembelajaran, topik pembelajaran, metode pembelajaran, gaya belajar, dan jenis penilaian. Pada tahap pengembangan, peneliti mengembangkan produk dalam bentuk buku berdasarkan matriks yang telah dirancang. Pada tahap penilaian, produk dinilai oleh dua dosen bahasa Inggris sebagai ahli dan seorang guru Bahasa Inggris sebagai pengguna untuk menentukan kualitasnya. Para ahli mengkategorikan produk sebagai produk yang sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk menilai siswa kelas 8 sekolah menengah pertama pada semester kedua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Berdiferensiasi, Instrumen Penilaian, Metode Pembelajaran Abad ke-21, Gaya Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Candra Paramita
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:20
Last Modified: 24 Jul 2024 05:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21105

Actions (login required)

View Item View Item