Mas Rosmita, I Gusti Ayu Agung (2024) Pengembangan E-LKPD Berbantuan Video Pembelajaran Kimia Bermuatan Budaya Lokal Bali untuk Meningkatkan Model Mental dan Literasi Digital. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2223071003-COVER.pdf Download (333kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2223071003-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2223071003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2223071003-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD berbantuan video pembelajaran kimia bermuatan budaya lokal Bali yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan 4D (four D-model). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumentasi, angket, tes model mental three tier, dan lembar observasi. Rancangan penelitian pada uji keefektifan menggunakan pretest-postest control group design. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan Mancova. Hasil uji validitas menunjukkan e-LKPD yang dikembangkan tergolong sangat valid ditinjau dari validitas isi, media, dan bahasa. Berdasarkan penilaian guru dan peserta didik e-LKPD yang dikembangkan tergolong sangat praktis digunakan pada proses pembelajaran. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa model mental benar secara ilmiah (scientifically correct) pada kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih besar yaitu 49% dibandingkan pada kelas kontrol sebesar 22%. Model mental benar sebagian (partially correct) dan miskonsepsi khusus (specific misconceptions) pada kelas eksperimen mengalami penurunan lebih besar yaitu 31% dan 17%, sedangkan pada kelas kontrol menurun hanya sebesar 21% dan 1%. Kemampuan literasi digital peserta didik pada kelas eksperimen dengan kategori sangat baik sebesar 40%, sedangkan pada kelas kontrol dengan kategori sangat baik hanya 13%. Berdasarkan hasil uji Mancova diperoleh bahwa terdapat perbedaan model mental dan literasi digital antara peserta didik yang dibelajarkan dengan e-LKPD berbantuan video pembelajaran kimia bermuatan budaya lokal Bali dan peserta didik yang dibelajarkan dengan e-LKPD tanpa video pembelajaran bermuatan budaya lokal Bali. Dengan demikian, e-LKPD berbantuan video pembelajaran kimia bemuatan budaya lokal Bali yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental dan literasi digital. Kata-Kata Kunci: e-LKPD, Budaya lokal Bali, Video, Kimia, Model mental, Literasi digital
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Budaya lokal Bali, Video, Kimia, Model mental, Literasi digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Agung Mas Rosmita |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:58 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21120 |
Actions (login required)
View Item |