Trifabiolantini, Ni Nyoman (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MEDIA GAME WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011006-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011006-ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011006-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media Game Wordwall terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika di kelas XI SMA Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Denpasar tahun pelajaran 2023/2024 terdiri dari 13 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk memperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian. Instumen penelitian ini berupa angket motivasi belajar siswa dan tes prestasi belajar siswa. Pencapaian data hasil tes pada penelitian ini dianalisis memakai uji MANOVA dengan bantuan SPSS versi 26. Sebelum dilaksanakan uji MANOVA dilaksanakan uji prasayarat uji normalitas multivariat, uji homogenitas varian, uji homogenitas covarian, dan uji korelasi. Hasil analisis terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan rata-rata skor motivasi belajar siswa dari kelompok eksperimen 71,32, sedangkan rata-rata skor motivasi belajar siswa dari kelompok kontrol 67,95. Kemudian analisis terhadap prestasi belajar siswa menunjukkan rata-rata skor prestasi belajar siswa dari kelompok eksperimen 77,79, sedangkan rata-rata skor prestasi belajar siswa dari kelompok kontrol 70,46. Uji perbedaan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelompok eksperimen dan kontrol menghasilkan nilai signifikansi Pilla’s Trace, Wilks’Lambda, Hotelling’Trace, Roy’s Lagest Root 0,000< 0,050, uji secara parsial media Game Wordwall terhadap motivasi menghasilkan nilai signifikansi 0,048 < 0,050 dan uji secara parsial media Game Wordwall terhadap prestasi menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,050. Oleh karena itu, penerapan media Game Wordwall ke dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif yang signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa selama aktifitas pembelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Wordwall, Motivasi Belajar, Prestasi, Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Trifabiolantini |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 06:04 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 06:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21135 |
Actions (login required)
View Item |