Gitananda Pramudya Candra Wardhani, Made (2024) THE DEVELOPMENT OF INSTRUMENTS AS A DIFFERENTIATED ASSESSMENT BASED ON THE EMANCIPATED CURRICULUM FOR 8TH-GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021158-COVER.pdf Download (953kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021158-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021158-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021158-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021158-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021158-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021158-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021158-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021158-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian yang berdiferensiasi berdasarkan Kurikulum Merdeka untuk menilai siswa kelas VIII SMP. Instrumen yang berdiferensiasi dikembangkan menurut gaya belajar Visual, Auditory, Read/write, dan Kinesthetic (VARK) mengadopsi metode pembelajaran abad 21: pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran berbasis penemuan. Penelitian ini menggunakan model Design and Development (DnD) yang dikemukakan oleh Richey dan Klein (2007). Empat tahapan telah dilalui dalam pengembangan produk: Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Pengumpulan data dilakukan di SMPN 6 Singaraja dengan 33 responden yang terdiri dari seorang guru bahasa Inggris dan 32 siswa kelas 8 sebagai subjeknya. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik data metode campuran. Pada tahap analisis, peneliti mengumpulkan data dengan beberapa instrumen seperti kuisioner, wawancara, dan analisis dokumen untuk memperoleh informasi yang diperlukan dan kebutuhan guru dan siswa bagi peneliti dalam mengembangkan produk. Pada tahap desain dibuat kerangka dan matriks sebagai pedoman pengembangan produk. Pada tahap pengembangan, instrumen dikembangkan berdasarkan kerangka yang telah dibuat. Instrumen penilaian berdiferensiasi yang dikembangkan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, topik pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang berbeda, jenis penilaian, dan instruksi/petunjuk dalam proses pembelajaran. Setelah produk selesai, produk dievaluasi oleh ahli dalam tahap evaluasi. Berdasarkan proses pengembangan penilaian berdiferensiasi dan evaluasi akhir produk, instrumen dinyatakan layak diterapkan untuk menilai siswa dengan gaya belajar berbeda dalam proses pembelajaran bahasa Inggris khususnya siswa kelas 8 SMP. Kata kunci: Instrument penilaian berdiferensiasi, gaya belajar VARK, Kurikulum Merdeka, metode pembelajaran abad 21, guru dan siswa kelas VIII SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Instrument penilaian berdiferensiasi, gaya belajar VARK, Kurikulum Merdeka, metode pembelajaran abad 21, guru dan siswa kelas VIII SMP. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Made Gitananda Pramudya Candra Wardhani |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 05:27 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 05:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21146 |
Actions (login required)
View Item |