LANGUAGE FUNCTION AND EXPRESSION USED TO HANDLE COMMON GUEST’S COMPLAINTS BASED ON PROCEDURE IN DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL BY THE RECEPTIONIST

Lestari, Ni Komang Putri Ayuning (2024) LANGUAGE FUNCTION AND EXPRESSION USED TO HANDLE COMMON GUEST’S COMPLAINTS BASED ON PROCEDURE IN DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL BY THE RECEPTIONIST. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2252015015-COVER.pdf

Download (791kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2252015015-ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2252015015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2252015015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2252015015-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2252015015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2252015015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2252015015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2252015015-LAMPIRAN.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi fungsi bahasa dan ekspresi yang digunakan oleh resepsionis di Hotel Discovery Kartika Plaza untuk menangani keluhan berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. Melalui wawancara dengan tiga staf resepsionis, penelitian ini meneliti strategi yang digunakan dalam mengelola keluhan tamu secara efektif. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif menggunakan teori yang diusulkan oleh Mhlanga (2011) untuk jenis-jenis keluhan, dan DeWitt serta Brady (2003) untuk fungsi dan ungkapan bahasa. Hal ini mengungkapkan beragam fungsi bahasa yang digunakan, termasuk mendengarkan secara empatik, pemecahan masalah, dan menawarkan solusi dalam kerangka penyelesaian keluhan hotel. Selain itu, ekspresi seperti permintaan maaf, jaminan, dan tindak lanjut diidentifikasi sebagai komponen penting dalam mengatasi keprihatinan tamu secara efektif. Penelitian ini menekankan pentingnya melatih resepsionis dalam keterampilan komunikasi yang efektif untuk memastikan kepuasan tamu dan menjaga reputasi hotel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fungsi Bahasa, Ekspresi Bahasa, Mengelola Keluhan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Bahasa Inggris (D3)
Depositing User: Ni Komang Putri Ayuning Lestari
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:14
Last Modified: 25 Jul 2024 05:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item