Dharma, I Gusti Bagus Wirya (2024) Analisis Keterjangkauan dan Pola Sebaran Sekolah Negeri Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) Di Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2254015016-COVER.pdf Download (829kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2254015016-ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2254015016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2254015016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2254015016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2254015016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2254015016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2254015016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2254015016-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Analisis sekolah sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kecamatan Sawan. Analisis sekolah dapat membantu dalam menentukan kebutuhan sekolah, alokasi sumber daya dan penentuan rencana pembangunan keberlanjutan. Selain itu, analisis sekolah ini juga digunakan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan kondisi serta potensi layanan sekolah-sekolah di Kecamatan Sawan. Tujuan dari penelitian ini antara lain : Menganalisis tingkat keterjangkauan masyarakat terhadap lokasi sekolah negeri di Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng berdasarkan analisis buffering. Menganalisis pola sebaran sekolah negeri di Kecamatan Sawan berdasarkan analisis tetangga terdekat. Metode yang digunakan yaitu metode deskritif kuantitatif, analisis data meliputi analisis buffer, analisis tetangga terdekat dan survei lapangan untuk pengambilan data titik koordinat. Hasil dari penelitian ini antara lain : analisis keterjangkauan sekolah terhadap pemukiman masyarakat yaitu dengan metode buffer, pada jenjang SD, area seluas 56,377 Km² dari total 91,303 Km² wilayah pemukiman dapat dijangkau dengan baik, mengidentifikasi jangkauan SD ke pemukiman sudah merata dan aksesibilitasnya sangat memadai. Pada jenjang SMP, 11 desa yang dapat terlayani dengan baik, namun 3 desa belum terlayani secara optimal karena pemukiman penduduk berada di luar jangkauan radius 1.000 meter dari SMP terdekat. Pada jenjang SMA/SMK, sebagian besar daerah pemukiman dapat dijangkau, kecuali 1 desa yang belum terlayani secara optimal karena berada di luar jangkauan radius 3.000 meter dari lokasi SMA/SMK terdekat. Analisis pola sebaran sekolah negeri dengan metode analisis tetangga terdekat pada 52 titik lokasi mengidikasikan pola mengelompok (clustered) atau tidak tersebar dengan merata, dengan nilai T I = 0,801924 dan z-score = -2,732523.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterjangkauan, Pola Sebaran, Sekolah, Sistem Informasi Georafis |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Survey dan Pemetaan (D3) |
Depositing User: | I GUSTI BAGUS WIRYA DHARMA |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 07:40 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 07:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21299 |
Actions (login required)
View Item |