PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATH GAME LAND BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Putri Risma Wati, Luh (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATH GAME LAND BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031157-COVER.pdf

Download (626kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031157-ABSTRAK.pdf

Download (474kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031157-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031157-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031157-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2011031157-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031157-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031157-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031157-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan objek penelitiannya adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Nyanglan. Penelitian ini mengikuti model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dam Evaluation. Math Game Land berbasis website adalah sebuah media pembelajaran yang dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif dalam bidang matematika, khususnya untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil uji validitas produk yang dikembangkan dan saran dari ahli media dan ahli materi, tidak terdapat saran atau perbaikan yang diperlukan. Secara keseluruhan, media pembelajaran Math Game Land berbasis website menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi berdasarkan penilaian ahli media yaitu 97,89%, ahli materi yaitu 97,37%, guru/praktisi yaitu 94%, dan siswa yaitu 93%. Media pembelajaran ini memiliki kualifikasi yang sangat baik dan dapat diterapkan di sekolah sasaran. Berdasarkan tingkat validitas tersebut menunjukkan bahwa media ini layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah bagi siswa kelas II SD Negeri Nyanglan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pengembangan ADDIE, Math Game Land, Media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: LUH PUTRI RISMA WATI
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:35
Last Modified: 25 Jul 2024 07:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21309

Actions (login required)

View Item View Item