PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR BERBASIS PROYEK BERBANTUAN SCRATCH PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA

Dewi, Ni Kadek Ayu Aristha (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR BERBASIS PROYEK BERBANTUAN SCRATCH PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011022-ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011022-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat ajar berbasis proyek berbantuan Scratch pada materi bangun datar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa. Subjek penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas III A SD No. 1 Munggu, Kabupaten Badung. Pengembangan perangkat ajar berbasis proyek berbantuan Scratch ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Perangkat ini yang telah dikembangkan memiliki beberapa karakteristik, yaitu: (1) perangkat ajar berbasis proyek ini mampu membangun dan mengasah kemampuan berpikir komputasi siswa pada materi bangun datar melalui penggunaan Scratch dan (2) perangkat ajar ini akan membangun pembelajaran yang berpusat pada siswa, namun tidak menggantikan peran guru. Dalam pengembangan perangkat ajar ini terdapat beberapa tahap pengujian yang harus dilakukan, yaitu uji validasi, uji kepraktisan, dan uji efektivitas. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa perangkat ajar ini telah dinyatakan valid. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa perangkat ajar ini praktis untuk digunakan dalam pembelajaran dengan hasil aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan menurut penilaian kepraktisan guru dan siswa termasuk pada kategori excellent (sangat baik). Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa perangkat ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa pada materi bangun datar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan perangkat ajar untuk materi lainnya. Tahap penelitian ini terbatas pada tahap pengembangan sehingga peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian hingga tahap implementasi lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bangun datar, kemampuan berpikir komputasi, perangkat ajar, scratch
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ayu Aristha Dewi
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:19
Last Modified: 25 Jul 2024 07:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21320

Actions (login required)

View Item View Item