Ariambawa, Ida Putu (2024) Pengembangan Game Edukasi "Fraction Plane" sebagai Media Pembelajaran Konsep Pecahan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011023-COVER.pdf Download (971kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011023-ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1713011023-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011023-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa game edukasi sebagai salah satu media pembelajaran pada materi pecahan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Game edukasi yang dikembangkan berjudul “Fraction Plane”. Model pengembangan yang diterapkan adalah model 4D, namun terbatas pada tahap define, design, dan develop, sementara tahap disseminate tidak dilakukan karena berbagai keterbatasan. Game edukasi ini terdiri dari tiga level dengan tingkat kesulitan yang semakin tinggi seiring bertambahnya level. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media memperoleh skor rata-rata 4,74 dari 5 dengan kriteria sangat baik. Uji coba terbatas dilakukan kepada seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 5 Bungkulan sebanyak 11 orang untuk mengetahui efektivitas dan kegunaan dari media yang dikembangkan. Hasilnya diperoleh tingkat efektivitas sebesar 81,82% yang termasuk ke dalam kriteria efektif. Untuk hasil uji kegunaan dengan angket SUS memperoleh skor akhir 88,18 dari 100 yang termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa game edukasi ini dapat digunakan dengan baik dalam pembelajaran pecahan. Berdasarkan hasil uji validitas, efektivitas, dan kegunaan, dapat disimpulkan bahwa media game edukasi Fraction Plane dapat menjadi media yang baik untuk pembelajaran pada materi pecahan di kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game edukasi, pecahan, pecahan senilai, model 4D |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ida Putu Ariambawa |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:33 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21486 |
Actions (login required)
View Item |