PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X DI SMK NEGERI 1 SUKASADA

Darmaningsih, Ni Wayan Putri (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X DI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051049-COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051049-ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (497kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051049-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasi media pembelajaran e-learning serta untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Schoology dan Experiential Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X di SMK Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Multimedia dan satu orang guru mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Data penelitian dikumpukan denga menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil media e-learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kulitas media pembelajaran berdasarkan kevalidan (validity) dengan hasil rata-rata penilaian sebesar 1.00 dan termasuk pada kriteria “Sangat Valid”, keefektifan (effectiveness) diperoleh dari hasil pengujian efektivitas dengan perhitungan N-Gain, memperoleh penilaian rata-rata sebesar 0,87 dan termasuk pada kriteria “Efektif”, dan kepraktisan (practically) diperoleh dari hasil respon guru dan peserta didik dengan nilai sebesar 43 termasuk pada kriteria “Sangat Praktis”, dan untuk respon guru diperoleh rata-rata sebesar 64,18 dan termasuk pada kriteria “Sangat Praktis”. Kata kunci: media e-learning, experiential learning, dasar desain grafis, ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media e-learning, experiential learning, dasar desain grafis, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: NI WAYAN PUTRI DARMANINGSIH
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:03
Last Modified: 23 Jul 2020 07:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item