Darmaningsih, Ni Wayan Putri (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X DI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051049-COVER.pdf Download (547kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051049-ABSTRAK.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (497kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051049-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasi media pembelajaran e-learning serta untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Schoology dan Experiential Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X di SMK Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Multimedia dan satu orang guru mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Data penelitian dikumpukan denga menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil media e-learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kulitas media pembelajaran berdasarkan kevalidan (validity) dengan hasil rata-rata penilaian sebesar 1.00 dan termasuk pada kriteria “Sangat Valid”, keefektifan (effectiveness) diperoleh dari hasil pengujian efektivitas dengan perhitungan N-Gain, memperoleh penilaian rata-rata sebesar 0,87 dan termasuk pada kriteria “Efektif”, dan kepraktisan (practically) diperoleh dari hasil respon guru dan peserta didik dengan nilai sebesar 43 termasuk pada kriteria “Sangat Praktis”, dan untuk respon guru diperoleh rata-rata sebesar 64,18 dan termasuk pada kriteria “Sangat Praktis”. Kata kunci: media e-learning, experiential learning, dasar desain grafis, ADDIE
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media e-learning, experiential learning, dasar desain grafis, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | NI WAYAN PUTRI DARMANINGSIH |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 07:03 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 07:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2156 |
Actions (login required)
View Item |