putra, Putu Ari Prasasta (2024) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI METABOLISME KARBOHIDRAT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUNJANG PERKULIAHAN BIOKIMIA DI PRODI S1 BIOLOGI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051061_COVER.pdf Download (748kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051061_Abstrak.pdf Download (298kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051061_BAB I.pdf Download (333kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051061_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051061_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051061_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051061_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051061_Daftar Pustaka.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051061_Lampiran.pdf Download (67MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk konten interaktif berbasis problem based learning pada materi Metabolisme Karbohidrat mata kuliah Biokimia, serta mendeskripsikan respon pendidik dan peserta didik terhadap konten interaktif tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan MDLC yang terdiri dari 6 tahap (Pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, distribusi). Penelitian ini melibatkan 19 orang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha yang berada pada semester genap pada mata kuliah Metabolisme Karbohidrat dan 2 orang pendidik yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Biokimia. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan konten interaktif berbasis problem based learning pada materi Metabolisme Karbohidrat mata kuliah Biokimia (1) pada uji ahli Isi Materi Pembelajaran dan ahli Media dan desain memperoleh tingkat validitas sebesar 1,00 yang berarti sangat valid, pada uji coba perorangan dan uji lapangan mencapai kriteria valid, pada uji coba kelompok mencapai kriteria sangat valid, dan Pada uji efektivitas dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,81 dengan kriteria valid; (2) Pada uji respon pendidik dengan rata-rata 48 dan peserta didik dengan rata-rata sebesar 67,4, mencapai kategori sangat positif dan kriteria sangat praktis. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa konten interaktif berbasis problem based learning pada materi Metabolisme Karbohidrat mata kuliah Biokimia telah memenuhi kriteria ideal sebuah produk dilihat dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kata Kunci: Konten Interaktif, Metabolisme Karbohidrat, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Interaktif, Metabolisme Karbohidrat, Problem Based Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I PUTU ARI PRASASTA PUTRA |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:24 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21618 |
Actions (login required)
View Item |