PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI METABOLISME KARBOHIDRAT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUNJANG PERKULIAHAN BIOKIMIA DI PRODI S1 BIOLOGI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

putra, Putu Ari Prasasta (2024) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI METABOLISME KARBOHIDRAT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUNJANG PERKULIAHAN BIOKIMIA DI PRODI S1 BIOLOGI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051061_COVER.pdf

Download (748kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051061_Abstrak.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051061_BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051061_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051061_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051061_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051061_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051061_Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051061_Lampiran.pdf

Download (67MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk konten interaktif berbasis problem based learning pada materi Metabolisme Karbohidrat mata kuliah Biokimia, serta mendeskripsikan respon pendidik dan peserta didik terhadap konten interaktif tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan MDLC yang terdiri dari 6 tahap (Pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, distribusi). Penelitian ini melibatkan 19 orang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha yang berada pada semester genap pada mata kuliah Metabolisme Karbohidrat dan 2 orang pendidik yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Biokimia. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan konten interaktif berbasis problem based learning pada materi Metabolisme Karbohidrat mata kuliah Biokimia (1) pada uji ahli Isi Materi Pembelajaran dan ahli Media dan desain memperoleh tingkat validitas sebesar 1,00 yang berarti sangat valid, pada uji coba perorangan dan uji lapangan mencapai kriteria valid, pada uji coba kelompok mencapai kriteria sangat valid, dan Pada uji efektivitas dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,81 dengan kriteria valid; (2) Pada uji respon pendidik dengan rata-rata 48 dan peserta didik dengan rata-rata sebesar 67,4, mencapai kategori sangat positif dan kriteria sangat praktis. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa konten interaktif berbasis problem based learning pada materi Metabolisme Karbohidrat mata kuliah Biokimia telah memenuhi kriteria ideal sebuah produk dilihat dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kata Kunci: Konten Interaktif, Metabolisme Karbohidrat, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Interaktif, Metabolisme Karbohidrat, Problem Based Learning
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I PUTU ARI PRASASTA PUTRA
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:24
Last Modified: 31 Jul 2024 03:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21618

Actions (login required)

View Item View Item