Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality (AR) pada Pengenalan Komponen CPU Komputer untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Singaraja

Maheswara, I Wayan Yoni (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality (AR) pada Pengenalan Komponen CPU Komputer untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015051051-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015051051-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2015051051-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015051051-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Seiring kemajuan teknologi, guru masa kini dituntut mampu dalam beradaptasi dan mengembangkan segala teknologi dalam proses pembelajaran hal tersebut dialami juga di Sekolah SMP Negeri 4 Singaraja. Namun, keterbatasan fasilitas yang dimiliki menyebabkan guru memanfaatkan beberapa teknologi seadanya yang menyebabkan siswa mengalami penurunan terhadap rasa antusias untuk berpartisipasi dan minat belajar siswa yang tentunya akan mempengaruhi suasana proses pembelajaran di sekolah. Adapun kebijakan penggunaan smartphone di sekolah bagi siswa dalam menunjang proses pembelajaran. Hal ini menjadikan sebuah usulan dalam mencoba teknologi yang memanfaatkan penggunaan smartphone secara optimal yakni dengan AR (Augmented Reality) sebagai media pembelajaran untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan penggunaan AR (Augmented Reality) di sekolah SMP Negeri 4 Singaraja, 2) Mengetahui dan mendeskripsikan respon siswa terkait guna kelayakan aplikasi media pembelajaran interaktif terkait perangkat keras dengan memanfaatkan Augmented Reality di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian R&D (research and development) . Penelitian ini menggunakan teknik analisa yang berbeda-beda dalam mengolah data baik dari data ahli isi dan ahli media, data uji coba kelayakan bagi peserta didik, dan data uji responden kepada siswa dan guru di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan penelitian yang diperoleh yaitu: 1) hasil uji validasi ahli isi sebesar 1,00 dengan kualifikasi sangat tinggi atau sangat layak, 2) uji validasi ahli media sebesar 1,00 dengan kualifikasi sangat tinggi atau sangat layak, 3) uji coba perorangan dengan melibatkan 2 siswa mendapat hasil dengan kualifikasi sangat baik, 4) kelompok kecil dari 2 kelompok atau 6 siswa mendapatkan hasil kualifikasi sangat baik, 5) uji coba kelompok besar dengan melibatkan sebanyak 23 siswa mendapatkan hasil dengan klasifikasi sangat baik, sehingga layak untuk diimplementasikan pada proses pembelajaran yang merupakan pelaksanaan uji responden. Uji responden yang dilakukan memperoleh hasil dari beberapa pihak seperti 1) Uji responden kepada siswa sebanyak 31 orang memperoleh hasil dengan kualifikasi sangat positif, 2) dan uji responden kepada guru Informatika juga mendapat hasil dengan kualifikasi sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian, Media AR(Augmented Reality) dalam pengenalan komponen CPU komputer telah dianggap layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Informatika kelas VII di SMP Negeri 4 Singaraja. Kata Kunci : Media pembelajaran, Augmented reality, Komponen CPU Komputer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I WAYAN YONI MAHESWARA
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:16
Last Modified: 01 Aug 2024 04:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21655

Actions (login required)

View Item View Item