Pengembangan E-Modul Matematika Berbantuan Augmented Reality melalui Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Wilandari, Putu Ayu Desi (2024) Pengembangan E-Modul Matematika Berbantuan Augmented Reality melalui Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229071017-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229071017-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229071017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229071017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229071017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229071017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229071017-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya bahan ajar yang mampu menunjang proses pembelajaran lebih kreatif, menarik, memuat masalah kontekstual serta sesuai dengan kemajuan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa E-modul Matematika berbantuan Augmented Reality yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengembangan E-modul Matematika berbantuan Augmented Reality ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluate. Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen angket validitas ahli materi dan ahli media dengan teknik analisis gregory, angket kepraktisan dengan teknik analisis perhitungan rata-rata, serta tes kemampuan pemecahan masalah dengan teknik analisis data ternormalisasi dan memenuhi kualifikasi Penilaian Acuan Patokan (PAP) minimal skor 66 kualifikasi baik. Uji efektivitas pada penelitan dilakukan dengan rancangan pre-experimental one group pre test post test design. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) E-modul Matematika berbantuan Augmented Reality yang dilengkapi dengan video, audio, kuis interaktif, game dan konten AR. (2) E-modul Matematika berbantuan Augmented Reality dinyatakan sangat valid secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 92,85. (3) E modul Matematika berbantuan Augmented Reality dinyatakan sangat valid dari segi materi dengan koefesien validasi Gregory 1,00 dan dari segi media dengan koefesien validasi Gregory 1,00 sangat valid (4) E-modul Matematika berbantuan Augmented Reality dinyatakan sangat praktis oleh pendidik dan peserta didik dengan nilai rata-rata berturut-turut 90,94 dan 86,00. (5) E-modul Matematika berbantuan Augmented Reality dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan nilai 0,31 dengan kualifikasi sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa E-modul Matematika berbantuan Augmented Reality telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul matematika, augmented reality, pbl, pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: PUTU AYU DESI WILANDARI
Date Deposited: 01 Aug 2024 00:56
Last Modified: 01 Aug 2024 00:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item