ORAL ENGLISH PRODUCED BY 7th GRADE BUGINESE STUDENTS IN SPEAKING ACTIVITIES IN SMPN 10 POLEANG SELATAN

Nasril, Nasril (2024) ORAL ENGLISH PRODUCED BY 7th GRADE BUGINESE STUDENTS IN SPEAKING ACTIVITIES IN SMPN 10 POLEANG SELATAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229081026-COVER.pdf

Download (569kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229081026-ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229081026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229081026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229081026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229081026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229081026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229081026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229081026-LAMPIRAN.pdf

Download (435kB)

Abstract

Sebagian besar siswa di Indonesia masih membutuhkan bantuan dalam pengucapan dan berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini disebabkan adanya campur tangan bahasa lokal dalam produksi lisan bahasa Inggris siswa. Penelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan interferensi Bahasa Bugis sebagai penutur lokal di Sulawesi Tenggara terhadap kemampuan berbicara Siswa. Penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas 7 SMPN 10 Poleang Selatan yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahasa Bugis mengganggu penggunaan bahasa Inggris lisan yang diucapkan oleh siswa selama aktivitas berbicara di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan analisisnya menggunakan model interaktif yang meliputi analisis data, kategorisasi data, pengkodean data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami banyak kesalahan dalam mengucapkan kata-kata bahasa Inggris yang berhuruf vokal seperti /ʌ/, /ɪ/, /i:/, /u:/, /ɒ/, /ə/, / /, /ʊ/ akibat interferensi bahasa Bugis. Oleh karena itu, siswa hanya mencoba menebak sesuai dengan pengetahuan bahasa yang dimilikinya sebelumnya. Implikasi dari penelitian ini adalah penelitian ini dapat bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang fonologi khususnya bahasa Inggris lisan. Implikasi praktisnya adalah sebagai masukan bagi siswa dan guru karena peneliti menemukan bahwa kecenderungan siswa dalam menggunakan bahasa Bugis dalam berkomunikasi dapat mengganggu penggunaan bahasa Inggris, dan guru perlu mengawasi proses berbicara siswa ketika belajar bahasa Inggris di kelas. Jadi, bahasa Inggris lisan siswa lebih terorganisir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahasa Bugis, gangguan bahasa, bahasa inggris lisan, pengucapan, berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Nasril
Date Deposited: 02 Aug 2024 05:18
Last Modified: 02 Aug 2024 05:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21794

Actions (login required)

View Item View Item