PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MOTORIK

Angganatha, Anak Agung Ngurah Tember (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MOTORIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229121007-COVER)
2229121007-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2229121007-ABSTRAK)
2229121007-Abstrak.pdf

Download (706kB)
[img] Text (2229121007-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229121007-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (577kB)
[img] Text (2229121007-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229121007-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2229121007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229121007-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (2229121007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229121007-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2229121007-BAB 5 PENUTUP)
2229121007-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (2229121007-DAFTAR PUSTAKA)
2229121007-Daftar Pustaka.pdf

Download (510kB)
[img] Text (2229121007-LAMPIRAN)
2229121007-Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar keterampilan lari jarak pendek antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning dan model direct instruction, interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan motorik peserta didik terhadap hasil belajar keterampilan lari jarak pendek, perbedaan hasil belajar keterampilan lari jarak pendek antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning dan model direct instruction pada peserta didik yang memiliki kemampuan motorik tinggi, perbedaan hasil belajar keterampilan lari jarak pendek antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning dan model direct instruction pada peserta didik yang memiliki kemampuan motorik rendah. Populasi penelitian ini berjumlah 307 orang. Metode pengambilan sampel dengan cara simple random sampling bejumlah 140 orang. Metode pengumpulan data menggunakan barrow motor ability test dan tes hasil belajar. Penelitian dilaksanakan selama dua belas kali pertemuan, dibagi tiga tahapan yaitu pre-test, treatment dan post-test. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis varians factorial (ANAVA) 2 arah. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan lari jarak pendek antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning dan peserta didik yang mengikuti model direct instruction. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan motorik peserta didik terhadap hasil belajar keterampilan lari jarak pendek. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan lari jarak pendek antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning dan peserta didik yang mengikuti model direct instruction pada peserta didik yang memiliki kemampuan motorik tinggi. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan lari jarak pendek antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning dan peserta didik yang mengikuti model direct instruction pada peserta didik yang memiliki kemampuan motorik rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Direct Instruction, Kemampuan Motorik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Anak Agung Ngurah Tember Angganatha
Date Deposited: 07 Aug 2024 05:11
Last Modified: 07 Aug 2024 05:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21898

Actions (login required)

View Item View Item