Agustini, Kadek Trisna (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI DENGAN MODEL GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2223011010-COVER.pdf Download (325kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2223011010-ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (275kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2223011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2223011010-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini didasarkan pada analisis kebutuhan, yang menunjukkan bahwa keterampilan komputasi siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi menggunakan model pengembangan Plomp, yang ditautkan pada link atau file format .exe untuk meningkatkan keterampilan berpikir komputasi siswa. Topik materi yang digunakan adalah materi pecahan yang mengacu pada kesulitan siswa. Subjek penelitian adalah kelas VA dan B SD No 1. Sempidi serta kelas V SD No. 1 Tumbakbayuh. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket LORI untuk uji kelayakan, angket UEQ untuk kepraktisan, soal pre-test dan post-test untuk keefektifan. Karakteristik game edukasi ini mampu mengembangkan kelima indikator berpikir komputasi. Game edukasi ini memuat soal-soal cerita yang mampu mendukung indikator dekomposisi masalah, beragam pola penyajian soal pada tiap levelnya mampu mendukung indikator pengenalan pola dan debugging, serta kebebasan kreativitas siswa dalam menjawab mampu mendukung indikator abstraksi dan penggunaan algoritma. Game edukasi ini memenuhi kriteria valid dengan nilai 4,48 dan digolongkan sebagai media yang sangat layak. Setelah penyempurnaan melalui uji coba terbatas, uji coba lapangan I dan II, game edukasi ini sudah memenuhi kriteria praktis dengan hasil keenam aspek pada UEQ yang menunjukkan kriteria 'sangat baik'. Selain itu, hasil pre-test dan post-test dalam kedua uji coba lapangan menunjukkan bahwa game edukasi dengan model game-based learning berhasil meningkatkan keterampilan berpikir komputasi, dengan n-gain score 0,75 yang memenuhi kriteria efektivitas tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Keterampilan Berpikir Komputasi, Game Based Learning, Pecahan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Kadek Trisna Agustini |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 05:31 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 05:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21900 |
Actions (login required)
View Item |