PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA TOPIK FLUIDA

SUTARYANI, LUH GEDE (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA TOPIK FLUIDA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2023071003-COVER.pdf

Download (659kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2023071003-ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2023071003-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (MPBP) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas XI pada topik fluida. Kajian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Populasinya ialah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pupuan sebanyak 134 orang. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling untuk memperoleh satu kelas eksperimen serta satu kelas kontrol. Tiap kelas berjumlah 36 orang. Instrumen yang dipergunakan berupa tes keterampilan proses sains serta tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan adalah pretest serta posttest keterampilan proses sains dan hasil belajar. Analisa data mempergunakan Mancova satu jalur. Hasil penelitian ini ialah (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata skor post test kelas eksperimen (22,36) lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol (18,56); (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata- rata skor post test hasil belajar kelas eksperimen (16,61) lebih tinggi daripada kelas kontrol (13,75). Bisa ditarik simpulan bahwasanya MPBP lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dibanding MPL. MPBP memungkinkan siswa berpartisipasi aktif pada kegiatan pembelajaran melalui proyek yang relevan dan kontekstual, sehingga meningkatkan keterlibatan dan motivasinya. Dengan demikian, MPBP bisa dianggap selaku metode belajar yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta keterampilan proses sains siswa. Kajian ini berkontribusi terhadap literasi mengenai efektivitas model pembelajaran pada konteks pembelajaran fisika. Disarankan bagi lembaga pendidikan untuk lebih mendorong implementasi MPBP dalam kurikulum merdeka serta memberikan pelatihan yang memadai bagi guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Luh Gede Sutaryani
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:14
Last Modified: 14 Aug 2024 08:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21992

Actions (login required)

View Item View Item