PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) KELAS 2 SD NEGERI 2 SAMBANGAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Saputra, Putu Eka Bayu (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) KELAS 2 SD NEGERI 2 SAMBANGAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021032-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021032-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPPIRAN)
1811021032-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran, dan untuk mengetahui validitas multimedia pembelajaran menurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode pencatatan dokumen dan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) proses pengembangan multimedia pembelajaran meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) multimedia pembelajaran ini dinyatakan valid melalui: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96,00%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,00%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,00%), (d) hasil uji perorangan dengan kualifikasi sangat baik (93,32%), (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (94,99%), dan (f) hasil uji coba lapangan dengan kualifikasi sangat baik (92,09%). Secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Multimedia pembelajaran ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pembelajaran. (3) respon peserta didik dalam kualitas multimedia pembelajaran dan kemudahaan akses dan penggunaan yang di nilai menggunakan kuisioner melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dan mendapatkan komentar, saran yang positif dan persentase sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pembelajaran , Seni Budaya dan Prakarya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Putu Eka Bayu Saputra
Date Deposited: 18 Sep 2024 01:46
Last Modified: 18 Sep 2024 01:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22014

Actions (login required)

View Item View Item