THE EFFECT OF GAMIFICATION BASED ON BALINESE LOCAL STORIES AS A TEACHING MEDIA TOWARD FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ SPEAKING COMPETENCE

Sari, Komang BelaPradnya (2020) THE EFFECT OF GAMIFICATION BASED ON BALINESE LOCAL STORIES AS A TEACHING MEDIA TOWARD FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ SPEAKING COMPETENCE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021069-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021069-ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021069-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek gamifikasi berdasarkan cerita lokal dari Bali sebagai media belajar terhadap kompetensi berbicara siswa untuk kelas 5 SD. Penelitian ini menggunakan kuasi-eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD N 1 Penarukan. Sampel dari penelitian ini adalah 25 siswa dari kelas 5 SD tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan instrument tes awal, tes akhir kemampuan berbicara dan wawancara. Sampel eksperimental diberikan tes awal dan akhir sebanyak enam kali. Hasil dari tes awal dan tes akhir menunjukan perubahan yang signifikan dalam nilai berbicara siswa. Hasil wawancara menunjukkan bahwa gamifikasi dapat mengubah dan meningkatkan kompetensi berbicara siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa nilai rata-rata posttest siswa lebih tinggi dibandingan nilai rata-rata pretest (42.29 > 23.35). Hasil hypothesis testing (paired sample t-test) menunjukkan bahwa terdapat efek yang signifikan dari penggunaan gamifikasi berdasarkan cerita lokal Bali sebagai media mengajar terhadap kompetensi berbicara siswa kelas 5 SD yang dapat dilihat dari nilai t-hitung > t-tabel 20.811 > 1.677. Kata Kunci: Gamifikasi, Cerita Lokal, Kompetensi Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, Cerita Lokal, Kompetensi Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Komang Bela Pradnya Sari
Date Deposited: 24 Jul 2020 00:12
Last Modified: 24 Jul 2020 00:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item