Rancang Bangun Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality Molekul Senyawa Hidrokarbon

WidhiaHasrini, NiLuh (2024) Rancang Bangun Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality Molekul Senyawa Hidrokarbon. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (Cover)
2015051013-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (abstrak)
2015051013-ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2015051013-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
2015051013-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Tingkat pemahaman dan motivasi siswa di kelas kimia, terutama dalam hal topik senyawa hidrokarbon, masih dianggap rendah karena kurangnya keragaman dan keefektifan dalam sumber belajar yang tersedia bersama dengan bahan ajar yang relevan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah solusi yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman, logika, dan dorongan belajar mereka. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menciptakan materi pembelajaran bagi siswa dan memastikan apakah materi pembelajaran berbasis Augmented Reality layak digunakan serta bagaimana siswa dan guru akan bereaksi terhadapnya. Para peneliti menggunakan paradigma pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dalam metodologi R&D (Research and Development). Responden untuk penelitian ini adalah guru kimia di SMA Negeri 2 Banjar, siswa kelas XI MIPA 1 di sekolah tersebut, dan ahli desain dan konten media. Dalam penelitian ini, informasi dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Memanfaatkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dikembangkan untuk mengajar kimia menggunakan materi senyawa hidrokarbon adalah hal yang praktis dan berhasil. Hal ini dapat ditunjukkan dengan uji keefektifan yang menggunakan perhitungan N-Gain memperoleh nilai 0,51 yang termasuk dalam kriteria “Efektif”, dan hasil rata-rata uji ahli isi/materi dan ahli desain/media sebesar 1,00 yang termasuk dalam kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya, hasil respons guru dan peserta didik menunjukkan bahwa respons peserta didik sebesar 64,47 (Sangat Baik) dan respons guru sebesar 46 (Sangat Baik). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sumber belajar berbasis Augmented Reality untuk materi Molekul Senyawa Hidrokarbon yang dihasilkan praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, augmented reality, senyawa hidrokarbon, mata pelajaran kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Luh Widhia Hasrini
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:09
Last Modified: 01 Oct 2024 02:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22102

Actions (login required)

View Item View Item