Sudarmika, I Ketut Karsana (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MARI BELAJAR PENINGGALAN SEJARAH (MELAJAH) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NO 4 JIMBARAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031233-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031233-ABSTRAK.pdf Download (442kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031233-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (375kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031233-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031233-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031233-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031233-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031233-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031233-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun multimedia interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah (Melajah) berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD No. 4 Jimbaran tahun pelajaran 2023/2024, (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah (Melajah) berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD No. 4 Jimbaran tahun pelajaran 2023/2024, (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah (Melajah) berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD No. 4 Jimbaran tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil Penelitian adalah (1) Rancang bangun multimedia interaktif Melajah yang berupa diagram alir, flowchart, dan storyboard dengan hasil peniliaian dari ahli rancang bangun sebesar 90% dengan kualifikasi (Sangat Baik), (2) Multimedia interaktif Melajah dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 92,50% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji ahli desain instruksional sebesar 90% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 91,67% dengan kualifikasi (Sangat Baik), dan uji coba kelompok kecil 93,43% dengan kualifikasi (Sangat Baik), (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa nilai thitung = 9,918 sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = n – 1 = 26 diperoleh ttabel sebesar 1,706. Hal ini berarti thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif Mari Belajar Peninggalan Sejarah (Melajah) berbasis Problem Based Learning efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD No. 4 Jimbaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Multimedia Interaktif, Problem Based Learning, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Ketut Karsana Sudarmika |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 00:42 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 00:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22280 |
Actions (login required)
View Item |