PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAGU-LAGU BALI MATERI DAERAHKU DAN KEKAYAAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GADUNG SARI

Kristina, Ni Kadek Sindy Dwi (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAGU-LAGU BALI MATERI DAERAHKU DAN KEKAYAAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GADUNG SARI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031208-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031208-ABSTRAK.pdf

Download (477kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031208-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031208-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031208-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031208-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031208-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031208-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031208-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan penjelasan tentang rancang bangun pengembangan E-Book berbasis kearifan lokal lagu-lagu Bali materi daerahku dan kekayaan alamnya pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Gadung Sari, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan E-Book berbasis kearifan lokal lagu-lagu Bali materi daerahku dan kekayaan alamnya pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Gadung Sari, dan (3) untuk menentukan efektivitas pengembangan E-Book berbasis kearifan lokal lagu-lagu Bali materi daerahku dan kekayaan alamnya pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Gadung Sari. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, untuk mengumpulkan data menggunakan metode tes berupa tes hasil belajar, sedangkan metode nontesnya berupa angket dan wawancara tidak berstruktur. Salah satu hasil dari penelitian pengembangan ini adalah rancang bangun e-book yang terdiri dari beberapa tahap: (a) analisis (analyze), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), dan (e) evaluasi, dengan hasil penilaian rancang bangun yang sangat baik sebesar 90,91%. (2) Berdasarkan hasil penilaian E-Book ini dinyatakan sangat layak. Berdasarkan hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 90,63% yang dikualifikasikan sangat baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 91,25% yang dikualifikasikan sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 90,91% yang dikualifikasikan sangat baik, uji coba individu sebesar 94,64% yang dikualifikasikan sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,25% yang dikualifikasikan sangat baik. Secara keseluruhan, hasil penilaian dikualisifikasikan sangat baik. (3) Berdasarkan uji t, nilai thitung = 7,097 diperoleh, dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = n – 1 = (16 – 1 = 15) diperoleh ttabel = 2,131 . Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sangat berbeda sebelum dan sesudah menggunakan E-Book. Dimana hal ini menunjukkan bahwa pengembangan E-Book berbasis kearifan lokal lagu-lagu Bali efektif untuk diterapkan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Gadung Sari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, E-Book, Kearifan Lokal Lagu-Lagu Bali, Materi Daerahku Dan Kekayaan Alamnya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK SINDY DWI KRISTINA
Date Deposited: 29 Oct 2024 00:13
Last Modified: 29 Oct 2024 00:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22295

Actions (login required)

View Item View Item