Novani, Putu Deva Tarinda (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAI MODUL P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051041-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051041-ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915051041-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051041-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum paling baru yang sudah mulai diterapkan oleh banyak sekolah dari seluruh jenjang pendidikan salah satunya yaitu SMA Negeri 1 Kediri. Pada kurikulum merdeka terdapat program baru dimana program ini disebut dengan program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). SMA Negeri 1 Kediri telah menerapkan kurikulum merdeka dan tentunya menerapkan program P5 sejak kurikulum ini dikeluarkan. Namun, melihat masih barunya program ini, ada beberapa kendala yang ditemui. Salah satunya adalah kurangnya konten pembelajaran yang diberikan sebelum siswa melakukan praktek P5. Maka dari itu peneliti berkeinginan membantu siswa dan guru SMA Negeri 1 Kediri dengan membuatkan media pembelajaran interaktif agar bisa lebih mudah mempelajari dan mempersiapkan siswa sebelum tahap praktek P5. Peneliti menggunakan bantuan Software Adobe Animate untuk pembuatan media ini. Metode perancangan penelitian ini menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu Concept, Design, Material collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat kefektifan media pembelajaran berkonsep multimedia, yang diantaranya ialah uji Ahli isi dengan hasil presensate 100%, uji ahli media diperoleh 100%. Kemudian adapun hasil uji perorangan,kelompok kecil, dan uji lapangan menunjukan hasi yang valid. Media ini juga sudah melalui uji efektifitas melalui posttest dan pretest dengan hasil yang menunjukan efektif. Respon dari siswa dan guru yang diukur dari UEQ juga menunjukan respon yang baik dengan kategori “excellent”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran Interaktif, P5(Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), MDLC |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Putu Deva Tarinda Novani |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 00:03 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 00:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22308 |
Actions (login required)
View Item |